Monday 20 May 2019

Mengenal Lebih Dekat Bulan Ramadhan

Tags

Mengenal-lebih-dekat-bulan-ramadhan-
Ramadhan Kareem
Judul Artikel : Mengenal Lebih Dekat Bulan Ramadhan

Link Artikel  : Mengenal Lebih Dekat Bulan Ramadhan

Sebagai Umat Islam, sudah selayaknya kita memahami dan mengetahui keutamaan-keutamaan dari setiap ibadah yang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Dijelaskan oleh para ulama bahwa memiliki pemahaman terhadap keutamaan dalam melaksanakan setiap amaliyah kebaikan akan menjadi suatu penyemangat dan juga sekaligus akan mendorong terhadap peningkatan ketaqwaan seseorang.

Bulan Ramadhan, adalah satu kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt. Sebab, bulan ini memiliki keutamaan - keutamaan (fadhilah) atau hikmah dan manfaat seperti berikut ini:

Bulan Ramadhan adalah Bulan Nuzulul Qur'an, yaitu Diturunkannya Kitab suci ummat Islam yang dikenal dengan nama Al-Qur’an. Ramadhan disebut juga sebagai syahrul Quran (bulan Al-Quran). Sebab, diturunkannya Al-Quran pada tanggal 17 bulan Ramadhan menjadi sebuah bukti otentik atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan. Allah Swt berfirman yang artinya : “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

Didalam ayat lain Allah Swt berfirman yang artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam qadar” (QS. Al-Qadar: 1). Dan tentunya masih banyak ayat lainnya yang menerangkan bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Itulah beberapa alasan berdasarkan ayat alqur'an bulan Ramadhan disebut sebagai syahrul quran (bulan Al-Quran). Disisi lain, saat bulan ramadhan nyaris disetiap masjid dan musholla akan terdengar lantunan-lantunan ayat suci Alqur'an, dimasyarakat Indonesia lebih dikenal dengan istilah tadarus. Jadi, dibulan ramadhan kita umat islam tentunya akan lebih meningkatkan rutinitas membaca alqur'an kita, karena pahala yang didapatkan akan berlipat ganda.

Bulan yang Penuh dengan Keberkahan.

Bulan Ramadhan ini juga disebut  dengan istilah bulan yang penuh dengan kebrkahan (syahrul mubarak). Tentunya, Hal ini adalah berdasarkan pada dalil hadist Nabi Rasulullah SAW yang artinya: ”Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian...” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi). Dan perlu diketahui juga bahwa setiap ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan, Allah Swt akan melipat gandakan pahala kebajikannya.

Menarik untuk kita bahas, bahwa di dalam bulan ramadhan yang penuh kemuliaan dan keberkahan ini, tidak hanya keberkahan di dalam menuai pahala dan amal kebajikan saja, namun banyak keberkahan lainnya yang bisa kita rasakan saat bulan ramadhan tiba. Berkah bulan ramadhan ditinjau dari aspek ekonomi, tentu saja bulan Ramadhan memberi banyak keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya, hal ini bisa kita lihat banyaknya penjual takjil dan makanan siap saji untuk berbuka puasa. Bagi kaum fakir miskin, bulan Ramadhan membawa keberkahan tersendiri. Di bulan ini setiap muslim sangat dianjurkan dan disunnah untuk berinfaq serta bersedekah saat bulan ramadhan kepada mereka. Bahkan, diwajibkan bagi untuk membayar zakat fitrah yang nantinya akan dibagikan kepada asnaf samaniyah, yang didalamnya termasuk fakir miskin.

Artikel Lain yang dapat anda baca:

Doa dan Keampuhan Membaca Doa

Adab Berdoa Menurut Syaikh Hujjatul Islam (Imam Ghozali)

Do'a Qunut, Pengertian Do’a Qunut, Dalil Tentang Do’a Qunut, Macam-macam Do’a Qunut, Hukum Membaca Do’a Qunut, Redaksi Bacaan Do’a Qunut dan Contoh Do’a Qunut Arab dan Latin

Pengertian dan Hukum Telon Telon Tradisi Jawa

Malam Lailatul Qodar

Kemuliaan bulan ramadhan salah satunya adalah yaitu hadirnya malam penuh kemuliaan, malam penuh keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan ramadhan yang disebut dengan malam lailatul qodar. Pada bulan ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). Suatu kemuliaan yang tidak terdapat pada Umat lain, karena malam Lailatul Qodar ini hanya di Khususnya untuk umat Nabi Muhammad Saw. Menurut keterangan para ulama', malam lailatul qodar berada pada malam ganjil 10 hari terakhir di bulan ramadhan.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya :”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”(QS.AlQadr:1-3).

Bulan Ramadhan adalah bulan Maghfirah (bulan pengampunan dosa)

Allah Ta’ala memberikan keistimewaan kepada ummat nabi Muhammad Saw dengan menyediakan satu bulan paling istimewa yaitu bulan Ramadhan sebagai sarana penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa-dosa besar. Nabi saw bersabda yang artinya: ”Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

Dengan melakukan aktifitas ibadah di bulan Ramadhan Allah Swt akan menghapuskan dosa-dosa kita. Di antaranya adalah berpuasa Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi Saw yang artinya :

 “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.(HR.Bukhari dan Muslim).

Begitu pula dengan melakukan qiyamul lail seperti shalat tarawih, witir dan tahajud atau sholat sunnah lainnya pada malam bulan Ramadhan dapat menghapuskan dosa-dosa kita yang telah lalu, sebagaimana Nabi SAW bersabda, yang artinya : “Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan qiyam Ramadhan (shalat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”(HR.Bukhari dan Muslim).

Bulan Ramadhan adalah waktu dibukanya Pintu Surga dan ditutupnya Pintu Neraka

Keberkahan serta kemuliaan di dalam bulan Ramadhan yaitu bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta syaithan-syaithan diikat. Artinya, Allah Ta’ala telah memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk kesurga dengan banyak melakukan ibadah dan amal shalih yang mereka perbuat pada bulan Ramadhan.

Penutup
Dari berbagai keutamaan bulan Ramadhan tersebut yang telah kami uraikan di atas, maka sangat disayangkan sekali apabila bulan Ramadhan datang dan pergi meninggalkan kita begitu saja, tanpa ada usaha yang maksimal dari kita untuk menggapainya dengan melakukan ibadah dan amal shalih. Semoga ramadhan di tahun ini akan lebih baik dalam segala hal amalan ibadah daripada tahun-tahun sebelumnya.

Demikianlah artikel yang dapat saya sajikan tentang Mengenal Lebih Dekat Bulan Ramadhan, dengan link artikel Mengenal Lebih Dekat Bulan Ramadhan, semoga bermanfaat.

Anda juga dapat membaca artikel menarik lainnya di Alkasui


EmoticonEmoticon