Monday 22 October 2018

Tips Sukses Menghadapi Ujian Tes CPNS, Contoh Soal, Kunci Jawaban dan Pembahasan

Tips Sukses Menghadapi Ujian Tes CPNS, Contoh Soal, Kunci Jawaban dan Pembahasan
Soal CPNS 2018

Pelamar CPNS 2018 yang sudah menyelesaikan tahap pendaftaran dan dinyatakan telah lolos dalam seleksi administrasi, alangkah baiknya jika mempersiapkan langkah untuk menuju pada tahap berikutnya. Bagi pelamar yang sudah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi oleh pihak panitia penyelenggara CPNS 2018 maka sudah bisa melakukan cetak kartu peserta untuk mengikuti ujian tes CPNS. Sembari menunggu pengumuman resmi dari pantia penyelenggara terkait pelaksanaan tes dan lokasi pelaksanaan tes, sebaiknya bagi para pelamar yang telah dinayatakan lolos dalam seleksi adminitrasi mempersiapkan diri dengan mempelajari materi-materi yang akan di ujikan pada tes Ujian CPNS 2018. Dengan mempersiapkan diri lebih awal akan membuat anda lebih matang dalam menghadapi soal-soal ujian tes CPNS. Selain dari itu pelamar yang berhak mengikuti tes Ujian CPNS di himbau untuk memantau lokasi pelaksanaan Ujian tes tersebut, dan yang tak kalah penting adalah mempersiapkan akomodasi agar anda tidak terburu-buru saat mengikuti tes.


Adapun Tes SKD atau seleksi Kemampuan Dasar yang akan kalian hadapi berupa Tes Berbasis Komputer atau dikenal dengan sitilah CAT (Computer Assisted Test). Pada tes ini akan dibagi menjadi tiga kriteria tes. Berikut ini saya berikan rincian Jumlah Soal, Jenis Soal, serta bagian-bagian tes SKD berbasis CAT. Sistem kelulusan menggunakan nilai ambang batas atau passing grade. Untuk nilai SKD adalah sebesar 40% sedangkan seleksi kemampuan bidang (SKB) sebesar 60%.

Menurut Deputi Sumber Daya Manusia aparatur kementerian RB Setiawan Wangsa Atmaja, setiap peserta akan mengerjakan soal sebanyak 100 butir soal yang terdiri dari:

Tes Wawasan Kebangsaan sebanyak 35 Soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) 30 Soal, dan Tes Karakteristik Pribadi 35 Soal. 

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dimaksudkan untuk menilai dan mengetahui penguasaan pengetahuan dan mengimplementasikan integritas, nasionalisme, bahasa Indonesia, Bela Negara, Pilar Negara, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tes Wawasan Kebangsaan ini meliputi Tentang Kemampuan ber_Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, Sejarah Bangsa Indonesia, Sistem Tata Negara, Peran Bangsa Indonesia dalam Tatanan Global dan Regional.

Tes Intelegensia Umum (TIU) bertujuan untuk menilai kemampuan intelegensi yang dimiliki oleh peserta. Adapun kemampuan yang dites adalah Kemampuan verbal atau kemampuan dalam menyampaikan informasi secara lisan dan tulisan. Selanjutnya adalah kemampuan Numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angkayang ada. Masing-masing soal dari tahapan ini jika benar akan mendapatkan nilai 5 dan jika jawaban salah maka nilainya adalah 0. Selain daripada itu TIU juga digunakan untuk menilai seberapa gesit peserta seleksi dalam menganalisa gambar, diagram dan simbol. Tes ini juga dimaksudakan untuk menilai cara berpikir peserta seleksi dalam menganalisis, berpikir logis, dan berpikiran secara runtut dan sistematis atau menyelesaikan permasalahan dengan cara berpikir sistematis.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) soal-soal yang ada dalam tes ini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan Publik, Teknologi, Informasi dan Komunikasi, sosial budaya, jejaring kerja, profesionalisme, semangat berprestasi dan integritas diri. Tes ini juga bertujuan untuk menilai kemampuan peserta seleksi dalam berinovasi dan berkreatifitas, orientasi pelayanan pada orang lain, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan beradaptasi, bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerja sama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkordinir orang lain.

Kamu Juga Boleh Baca Curhatan ku : Pacarmu Belum Tentu Jodohmu

Maka dari itu peserta tes harus mengisi seluruh soal yang ada agar mendapatkan passing grade yang baik dan berhasil lolos serta melaju pada tahapan berikutnya. Guna mempersiapkan diri dalam melatih dan mengerjakan soal-soal tersebut disini saya akan membagikan file yang berisi soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban dan pemabahasannya. Dengan banyak berlatih dan belajar mudah-mudahan salah satu dari kalian ada yang lolos dan diterima menjadi PNS 2018. Bagi kalian yang ingin mendownload file tersebut silahkan klik gambar dibawah ini
Tips Sukses Menghadapi Ujian Tes CPNS, Contoh Soal, Kunci Jawaban dan Pembahasan
Klik Gambar Untuk Download File
Setelah anda mendownloadnya jangan lupa dipelajari, supaya lebih siap dan lebih matang dalam menghadapi ujian tes cpns 2018.dalam file tersebut terdapat tiga jenis soal yang masing-masing sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya.

Sekian dari saya semoga artikel yang berjudul : Tips Sukses Menghadapi Ujian Tes CPNS, Contoh Soal, Kunci Jawaban dan Pembahasan bermanfaat dan bisa menghantarkan kalian menjadi PNS yang kalian idamkan.


EmoticonEmoticon