Friday 16 March 2018

Memperingati Hari Jadi Pasukan Loka Jaya.

Tags

Pugung Raharjo, Sabtu, 17 Maret 2018. Dalam rangka memperingati Hari jadi deklarasi Pasukan Loka Jaya yang pertama, pangkalan MTs Maarif 27 Baitul Ulum Brawijaya. Seluruh pasukan, pembina dan dewan guru mengadakan kunjungan ke situs sejarah Taman Purbakala yang berada tidak jauh dari Madrasah kami, kira-kira perjalanan 20 Menit untuk sampai ke lokasi. Tempat ini adalah satu-satunya situs Purbakala yang ada di Kecamatan Sekampung Udik.
Dalam kunjungan ini pertama - pertama kami memasuki Museum atau yang disebut dengan Rumah Merah untuk mendapatkan arahan dan bimbingan dari Guide. Di dalam museum ini kami mendapatkan banyak penjelasan dari guide mengenai hal-hal yang ada dalam situs Purbakala ini. Selain memberikan penjelasan mengenai peninggalan sejarah, guide juga memberikan penjelasan mengenai sejarah kuno hingga Masuknya Islam ke daerah Lampung. Banyak informasi yang kami dapatkan mengenai sejarah kuno dan sejarah Islam yang ada di Lampung. Menurut keterangan Pak Saiful:"Islam masuk ke daerah Lampung melalui para pemerintah, seperti halnya bupati, camat, dan pemerintah - Pemerintah negara lainnya, yang saat itu bisa disebut dengan istilah kademangan, orang asli Lampung tidak ada yang non muslim, suku asli Lampung 100% memeluk agama islam sejak zaman nenek moyang nya".
Tujuan kunjungan kami kesini tidak lain adalah untuk mencari informasi dalam rangka memperingati Hari Jadi Deklarasi Pasukan Loka Jaya Pangkalan MTs Maarif 27 Baitul Ulum. Selain mencari informasi disini juga kami banyak melakukan kegiatan ikrar setia anggota pasukan Loka Jaya.
Seharusnya acara ini diperingati pada tanggal 25 Februari, namun karena banyak kendala dan kesibukan akhirnya acara ini baru bisa dilaksanakan Hari ini. Acara berjalan dengan lancar dan baik tak ada hambatan sedikitpun. Sebanyak 21 pasukan yang mengikuti ikrar, dan 10 alumni yang juga ikut hadir pada acara tersebut. Tujuan dari acara ini tentunya untuk membangun karakter dan fondasi mental bagi anak didik di MTs Maarif 27 Baitul Ulum Brawijaya.
Saat sesi materi kak Hanari menyampaikan hal ihwal tentang Loka Jaya berikut dengan makna masing-masing ikon yang ada dalam logo. Dengan adanya ikrar ini diharapkan siswa-siswi yang ada dapat menerapkan nilai dasa dharma pramuka, Nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Serta mampu mengamalkan rukun islam dan rukun iman dalam kehidupan sehari-hari.


EmoticonEmoticon