Monday 4 December 2017

Buah Manis Dari Ketabahan

Tags

Tabahlah niscaya kau akan memenangi pertarungan
Ketabahan adalah sikap hidup terpuji yang harus kita kembangkan da kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dalam ketabahan ada pengharapan yang tidak pernah terputus akan hilangnya segala kesulitan. Dalam ketabahan ada sikap optimisme dalam menjalani kehidupan, termasuk dalam sat-saat tersulit sekalipun. Dalam ketabahan ada keteguhan dan kekuatan diri untuk melalui segala kesulitan. Dalam ketabahan ada kebesaran jiea untuk menerima segala cobaan hidup dengan kelapangan hati dan kerelaan. Dalam ketabahan tercermin kekuatan iman dan ketakwaan seseorang. Lebih dari itu, dengan bersikap tabah, niscaya cobaan hidup akan terasa ringan dan kesulitan hidup akan segera hilang. Bahkan kemenangan pun akan segera berada dalam genggalaman.

Artikel yang dapat anda baca:

Mengenal Lebih Dekat Bulan Ramadhan

Pengertian dan Hukum Telon Telon Tradisi Jawa


Rosululloh SAW adalah sosok yang tepat untuk kita jadikan contoh, betapa ketabahan dan kesabaran beliau dalam menghadapi penindasan dan kesulitan-kesulitan yang ditimpakan oleh orang-orang kafir dalam dakwah islam, mulai dari dibaokat, dikucilkan, diteror, diintimidasi, akan dibunuh, bahkan harus terusir dari tanah kelahiran (mekkah), pada akhirnya justru berakhir dengan kemenangan. Kesulitan dan penderitaan hidup yang beliau alami justru sehingga menempa kepribadian beliau, sehingga beliau menjadi sosok yang tegar dan matang. Ketabahan ternyata mampu menjadi segala kesulitan dan penderitaan sebagai jembata menuju kemuliaan. Dengan ketabahan, segala kesulitan akan hilang, akan berganti dengan kemuliaan dan kemenangan.

Dalam buku Dare to Fail, Billi P.s. Lim menulis sebagai berikut, “ Jangan mengukur seseorang dengan mengukur berpa kali ia jatuh, ukurlah dengan berpa kali ia bangkit kembali. Seseorang yang mampu bangkit kembali setelah jatuh tidak akan pernah putus asa. Tetapi menyedihkan sekali mendengar bahwa ada banyak orang setelah gagal sementara, mereka lebih memilih untuk menetap disitu dan akhir matinya sebagai orang gagal, tersungkur dan tidak bankit lagi. Tidak sesuatupun didunia yang bisa menggantikannya. Bakatpun tidak, sebab banyak orang berbakat tidak sukses.  Kejeniusan pun tidak, sebab jenius yang tidak sukse sudah pasti jadi bahan olok-olkan. Hanya kemauan dan ketabahan yang paling ampuh. Ya, ketabahan, kemampuan bangkit kembali untuk bangkit kesekian kalinya setelah jatuh


Ada baiknya kita merenungkan ungkapan bijak Yuritomo Tahi tentang indahnya ketabahan. Dengan segala kebijakannyaia menyatakan, “ Sesungguhnya apabila kamu jatuh dan bangkit kembali, Anda akan menghasilkan sesuatu pada diri Anda.”


EmoticonEmoticon