Saturday 31 March 2018

Arti Akhwan dan Akhwat

Tags


Arti Akhwan dan Akhwat
Ikhwan dan Akhwat || Alkasui
Akhir-akhir ini di indonesia, khususnya kalangan pemuda-pemudi, sedang buming menggunakan bahasa "Akhwan dan Akhwat", sebenarnya apa sih artinya?
Baiklah disini kita akan membahasa tentang kata-kata "Akhwan dan Akhwat" yang sedang buming dikalangan pemuda-pemudi Indonesia. Entah ini trend atau memang mereka mengusai bahsa arab.

Oke, kita langsung saja fokus pada pembahasan "Akhwan dan Akhwat". Kata Akhwan itu sendiri diambil dari bahasa arab yang berbentuk jamak, asal katanya adalah " Akhun" jika diartikan kedalam bahasa indonesia adalah saudara laki-laki.

Kalimat-dalam istilah Indonesia adalah kata-ini merupakan kalimat yang ditujukan kepada saudara laki-laki, entah itu saudara kandung atau saudara sesama muslim, atau juga saudara sebangsa dan setanah air. Sedangkan Kata "Akhwan" itu bentuk jamak dari kata "Akhun",jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah beberapa Saudara. Kata "Akhwan" dan "Ikhwan" memiliki makna yang sama, kenapa bisa diartikan beberapa saudara? iya, karena kalimat ini bentuknya adalah jamak taksir. Jamak Taksir itu adalah Jamak yang yang sudah berubah dari bentuk mufrodnyaadakalanya ditambah huruf, adakalanya berkurang hurufnya, adakalanya juga yang berubah hanya harokatnya saja. Jadi, sudah jelas kemana arah penggunaan kata tersebut.
Selanjutnya adalah kata "Akhwat", kalimat ini juga merupakan kalimat yang diambil dari bahasa arab, yaitu "Ukhtun", yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah saudara perempuan.

Kata " Akhwat" ini juga merupakan bentuk jamak. Dua kata ini sangat sering didengar dan kita lihat dan kita dengar dimedia sosial. Lalu, apa ada hubungannya dengan kata "Akhi dan Ukhti"?

ya jelas ada, karena dua kata tersebut adalah berasal dari mufrod yang sama. Hanya saja dalam kata ini diberi "Dhomir Mutakallim wahdah" sehingga jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah saudaraku/saudariku.

Sebenarnya jika kita menguasai tentang Shorof dan Nahwu, maka akan sangat membantu sekali untuk memahami bentuk-bentuk dan dan makna kalimat dalam bahasa arab.


EmoticonEmoticon